Tuesday, December 29, 2009

/(><)\

sudah hampir habis bulan desember, dan ku pun belum posting apapun,,, knapa diri ini,, haduh,, haduh,, betapa tak produktifnya bulan ini,, huhuhuhuhuhu ga suka,, ga suka,, ga suka,, ><
m0ga cepet berakhirlah kebuntuan ini,,,
hayoh semangat, come back to me,, HAMASAH!!!!

Saturday, November 14, 2009

ketika cicak bersaksi

ini dia,, sinetron yang ratingnya paling tinggi di tivi sekarang,,, hampir semua stasiun menayangkan,,, para pemirsa menanti perkembangannya,,, siapakan yang kan menjadi pemenang di akhir episode? cicakkah atau buaya kah?




terus ikuti perkembangannya,, jangan lewatkan,,,!

Tuesday, November 3, 2009

menanti sang revolusioner,,,


Mujahidku, apa kabar?
semoga saat ini engkau baik-baik saja..
penatku, penatmu saat ini semoga selalu tetap di jalanNya..
semoga mendung ini kau nikmati juga..
supaya kau merasa sejuk setelah seharian bercampur debu..


mujahidku..
aku rindu dalam rindu-rindu tentang takdir kita..
semoga saat ini Penghulu kita menjaga mu..
Melindungimu di jalanan yang terik atau di lautan yang berdebur..
atau,,bahkan di musim yang berbeda??
aku tak pernah tahu...
Namun, tahukah kau??
Aku selalu yakin akan skenarioNya...


mujahidku...
semoga saat ini Dia menjaga hatimu, mata, pendengaran, jiwamu, dan semuamu .. untukku..!!
pun juga aku, semoga Dia membantuku untuk menjaga kehormatan ku, jiwaku... jasadku, semuaku... untukmu..!! KarenaNya semata..


Mujahidku...tahukah kamu??
saat ini aku berdoa untuk keselamatanmu..
semoga saat ini engkau masih teguh di jalan yang Ia bentangkan untukmu..


mujahidku..
saat penat-penat pikir dan jasad begitu menggila..
saat kumparan-kumparan dakwah ini mengajak kita berputar bersamanya..
sungguh,, aku hanya berharap Dia ridha atas apa yang aku dan engkau lakukan (meskipun engkau entah dimana)..


mujahidku, entah kau di mana??
aku tak hendak melukis jasadmu..
aku tak hendak mereka-reka, menebak-nebak tentangmu!!
sebab mujahidku,,tahukah kau??
aku mencintai mu sebelum mata ini memandang, sebelum telinga ini mendengar..
sebelum hal-hal fisik merusak semua ketulusanku atas siapapun engkau!!
dan aku ingin menjaganya agar tetap begitu : SEDERHANA


Ah,,mujahidku...
semoga kaulantunkan doa yang sama pada Pemilik kita...
sebab takdirmu dan takdirku ada digenggamanNya..
Dan kita?? tak pernah tahu..


mujahidku...
dalam sujud-sujud panjang ku, aku merayuNya..
menyelipkan do'a semoga aku pantas untuk mendampingimu..
Entah,,siapa kau....
dimana saat ini adamu,,
namun...
ada hormat, ada rindu, kepercayaan , yang memberiku selaksa energi khusus...


Mujahidku,,
sungguh aku hanya ingin menjaga diriku, jiwaku...
menjaganya, mempersiapkannya, menempanya...
agar jika suatu saat Dia berkehendak, dan membuat skenario tentang kita..
aku telah siap mendampingimu..
dan kita akan tapaki jalan dakwah yang kita pilih dan kita cintai..
hingga hanya Allah muara akhir semua cita...


Untuk seorang yang dijanjikan Allah, di saat yang hanya Allah mengetahuinya...

copied from 'diary pengantin-Izzatul Jannah'

Thursday, October 29, 2009

kimia berdongeng...

sore,, lagi buntu belajar buat persiapan sidang,, iseng2 buka web chem-is-try.org dengan harapan dapat ide segar,,, maklum itu situs isinya senua hal yang berhubungan dengan kimia, ya kali aja baca2 disana lebih menyenangkan dibanding baca buku yang seabrek,, pfiuuh,, eh ternyata ada satu judul yang menarik perhatianku,, 'cerpen kimia: catatan harian natrium (1)',,, karena aku baik,, aku kopiin deh buat kalia2 heuheuheu

CATATAN HARIAN NATRIUM (1)


AWAL JANUARI 2009
“Apakah itu cinta…apakah itu cinta…yang mampu melengkapi lubang di dalam hati….”
Suara lagunya letto yang minggu ini kujadikan nada dering ponselku terus berbunyi, aku menggeliat malas dan mencoba membuka mataku yang terasa sangat berat. Tapi tiba-tiba kantukku mendadak hilang saat kulihat nama khlor kekasihku terpampang di layar ponsel

“Pagi honey…!” terdengar suaranya renyah di seberang sana
“Ada apa sih , pagi-pagi dah ganggu orang tidur ?” jawabku sedikit merajuk
“Lho…kau lupa ya nat,kita kan pagi-pagi mau jalan-jalan”
“Jalan-jalan kemana?”
“Ya biasa…pagi ini kita kedapur ibu-ibu untuk melejatkan masakan mereka, siangnya kita ke demo masak rudy choerudin”
“Kemakanan mulu, aku bosan nih, gak ikut ah”
“Lho kok gitu,terus gimana kalau anak -anak manusia itu gondokan semua? kan kita juga yang repot. Lagian kita kan pasangan yang paling serasi sekampung SPU nat, masa kita jalannya masing-masing, gak seru ah”
“Baiklah…baiklah Mr chlor”

Kututup telponku, kupandangi kamar minyak tanahku, “ahh…” aku berteriak . Sudah sejak lama aku jadian sama khlor,dia unsure yang paling ganteng yang pernah kulihat di kampung kami sistem periodik unsur di gang 3 blok V11 A dengan nomer rumahnya 17, bahkan kami mendapat peredikat pasangan paling serasi tahun ini.
Awalnya kami ketemu di lautan luas. Waktu itu dia senang sekali mentap senja. Dan jadilah kami pasangan yang serasi. Kami sering jalan berdua ke dapur-dapur penduduk atau ke pabrik-pabrik industri. Kami juga kadang mengenang perjumpaan kami di lautan lepas, ahh…indahnya. Tapi ada satu yang membuat hati ini kadang terbakar cemburu , ada kabar burung kalau dia selingkuh dengan molekul air. Bahkan menurut kabar terakhir yang aku dengar mereka telah menikah dan mempunyai anak yang bernama HCl, aku ingin melabrak air kalau perlu membunuhnya tapi aku tidak punya bukti makanya kalau aku dekat dengan dia aku langsung marah apalagi si oksigen yang masih sodara si molekul air suka mengompori aku,membuat kemarahanku langsung naik beberapa derajat.

AKHIR JANUARI 2009
Mataku sudah sembab tapi airmataku masih terus saja mengalir, hatiku sakit…sakit luar biasa, khlor kekasihku ternyata benar-benar menghianati cintaku, dia ternyata sudah menikah dengan molekul air dan mempunyai anak HCl dan ternyata selama ini juga dia punya affair dengan saudara-saudaraku seperti kalsium (CaCl2 ) , kalium (KCl) , barium (BaCl2) mereka itu berbohong di belakangku
Dasar mata keranjang!!!!
Aku ingat waktu itu, dia kekasihku khlor (apa masih pantas aku memanggilnya kekasih?) mengakui semua perbuatanya setelah tahu aku pernah memergokinya waktu dia di sebuah laboratorium jalan bersama. Dengan bantuan kelalaian manusia aku hampiri molekul air, aku marah padanya karena dia telah merebut khlor dariku. Aku berkelahi dengannya dan hasil perkelahian itu terjadilah kebakaran di tambah adanya oksigen yang terus memanasiku maka kemarahnku makin menjadi dan habislah laboratorium itu terbakar oleh kemarahanku
Aku pergi pada khlor dengan penuh kemarahan mempertanyakan alasannya kenapa dia selingkuh di belakangku
“Apa aku kurang sempurna di matamu khlor, sampai-sampai kau tega melakukan ini semua, awalnya aku kira ini hanyalah gosip para manusia lab itu tapi ternyata kau…kau memang benar-benar menghianatiku” semprotku sambil menangis.
“Semua ini kulakukan karena aku sayang kamu nat,” jawabnya.
“Apa kamu bilang? sayang aku? kamu selingkuh dan menikah dengannya karena sayang aku?”
“Iya nat, kau itu begitu sempurna di mataku, kau mempunyai sifat-sifat yang khas makanya aku tidak menikahimu karena aku takut nanti kau mengandung sehingga merusak kecantikanmu.Aku menikahi molekul air dan mempunyai anak Hcl itu tidak lain dengan satu tujuan .Kau tahu…kata para manusia lab itu kecantikanmu mempunyai warna khas beda dari unsur-unsur yang lain akan bisa terlihat oleh semua orang, asalkan ada senyawa lain yang bisa membantumu dan senyawa yang bias membantumu itu tidak lain adalah HCl anakku, si Hcl kecil akan membantumu melakukan uji nyala maka warna cantikmu itu dapat terlihat , apa kau tidak senang ? terlihat cantik dan di puja banyak orang” katanya panjang lebar smbil tersenyum
Untuk beberapa saat aku terdiam betapa baiknya dia, betapa dalam cintanya tapi jauh di lubuk hatiku aku masih merasa sakit padanya dan diam-diam aku bersumpah aku tidak akan memaafkan molekul air dan oksigen seumur hidupku,itu sumpahku..!

PERTENGAHAN PEBRUARI 2009
Sejak tahu kekasihku khlor selingkuh di belakangku, akupun mulai main mata dengan nitrat (NaNO 3), dengan karbonat (NaCO3) , dengan adiknya khlor , bromine (NaBr) dan banyak yang lainnya. Kadang akupun suka jalan sendirian tanpa di temani kekasih-kekasihku , aku bersama adikku kalium kadang membantu manusia . Ion-ion ku ikut memelihara keseimbangan osmosis dan pH darah dalam tubuh manusia.

AKHIR PEBRUARI 2009
Di akhir pebruari ini aku melakukan uji nyala.Awalnya aku tidak mau tapi karena desakan Chlor kekasihku yang katanya sayang ma aku, aku pun akhirnya mau melakukannya. Kalau manusia mungkin uji nyala itu analoginya semacam oprasi plastik kali.Waktu di uji nyala dengan bantuan HCl anak dari kekasihku khlor ternyata aku menghasilkan warna kuning. Aku jadi bertanya-tanya kenapa aku bisa berwarna dan kenapa warnaku yang nampak hanya kuning padahal warna itu kan banyak .Eh setelah kutanyakan pada manusia lab ternyata ketika di panaskan elektron dalam diri aku mengalami eksitasi.Saat elektron kembali kekedudukan semula akan melepaskan energi berupa energi cahaya dengan panjang gelombang tertentu. Jika panjang gelombang berada dalam daerah sinar tampak maka terlihat nyala yang berwarna tertentu.Dan kebetulan yang terjadi padaku panjang gelombang yang berada dalam daerah nampaknya warna kuning.itulah sebabnya aku berwarna kuning padahal warnaku banyak sekali.
(to be continue)

hmm cukup terkesan,, aku aja nggak kepikiran menyampaikan pengetahuan tentang kimia ini dengan hal semenyenangkan ini,, pengetahuan kimianya dengan mudah bisa kita cerna dan mudah untuk diingat,, wah,, keren deh buat yang bikin,, jadi kepikiran bikin novel kimia (qeqeqeqe ;p)

bagi sobat2 smua yang masih penasaran dengan kelanjutan ceritanya,, masih ada catatan natrium 2,3, dan 4 langsung klin aja di chem-is-try.org disana lengkap semua ceritanya,,,

Thursday, October 22, 2009

aku dan kakak laki2 ku,,,


Malam ini aku mendapati dua saudariku menangis , dengan penyebab yang sama, cemburu pada saudaranya, cemburu takut kehilangan, cemburu takut tersaingi dengan kehadiran ‘orang baru’.
Hmm lucu kedengarannya memang,, tapi aku juga pernah ngalamin hal serupa, kejadiannya ketika aku masih sma,,,
kami 7 bersaudara, tapi yang masih dirumah cuma aku dan kakak laki2ku, soalnya yang lain sudah pada berkeluarga, otomatis semua hal ku habiskan bersamanya, diskusi, curhat, bercanda, semua sama-sama, hal ini yang membuat kita dekat satu sama lain. Sampai suatu saat ada orang ketiga yang mengusik keharmonisan kita berdua, kakaku punya pacar, aku geram segeramgeramnya, padahal kan dia kakak ku bukan pacar, tapi ketakutan kehilangan semakin merajalela, imbasnya aku selalu membenci setiap perempuan yang dikabarkan dekat denganya.
Akhirnya sampai pada suatu masa, kakaku harus menikah, tapi aku masih belum bisa menerima keadaan kalo dia harus pergi. Keadaanku hancur bak kekasih ditinggal pergi pujaan hatinya karena penghianatan cinta (haha lebay pisan), malam sebelum pernikahan, semua orang bergembira , tertawa ceria, berkumpul bersama keluarga, kecuali aku,, nampaknya hanya aku yang merintih kesakitan, menahan amarah, mengurung diri dalam kamar, mengkamuflase suara tangisan dengan show me the mening of being lonelynya BSB yang semakin menambah pilu hati ini. Hampir semalaman aku menangis, tanpa ada orang yang tau, tapi nampaknya dia menyadarai kejanggalan ku.
Pagi harinya semua orang bersiap, sibuk berdandan dan menata diri, merapihkan kebaya nya, hmmm sedangkan aku masih memikirkan bagaimana caranya supaya terhindar dari akad yang mengiris sembilu, tadinya mau kabur, tapi nyali menciut, ku takut bapak marah, dan akhirnya kuputuskan untuk ikut menghadiri acara akad pernikahan itu.
Ku keluar kamar dengan mata bengkak bekas nangis semalaman bagai mata petinju yang kena hantaman lawannya, kakakku bertanya kenapa dengan mataku, ku jawab dengan sedikit jawaban janggal, gara2 keabnyakan tidur,, tapi dia Nampak tdk percaya bgt saja,,,
Dan rombongan keluarga kami pun pergi mnuju rumah sang mempelai perempuan, pfiuuh ku kira hal ini tak akan sanggup ku saksikan, dia berakad dengan wanita itu, dan hatiku masih belum bisa ikhlas menerimanya, diantara hingar bingarnya pesta walimahan aku bagai seorang yang baru saja di tinggal mati keluarganya, berduka, bahkan ketika sesi foto keluarga tak sanggup ku menyunggingkan se milimeter pun senyum palsuku ( padahal aku penganut paham bagaimanapun keadaannya kalo foto musti bagus, kecuali hari itu), sampai saat sekarang aku masih bisa melihat wajah BIMOLI itu di foto keluargaku (hal ini amat sangat kusesali di kemudian hari, untung ga di pajang,,)
Dan akhirnya ku melepas dia pergi bersama wanita pilihannya, sempat dia mengirim sebuah pesan singkat,,, jangan khawatir, aku kan tetap sayang kamu, kalo ada apa2 bicara aja,,,, OMG sms itu membuat hatiku benar2 meleleh,,, benar2 nampaknya dia akan pergi jauuuuuuh, hiks, hiks,hiks,
Dan kini aku tlah dewasa,,, hahahaha kayaknya sih, sudah mulai terbiasa hidup tanpanya, dia sudah bahagia bersama istri dan anak2nya, sekarang dah punya dua anak perempuan yang manis2, ga jauh lah dari tantenya,, heuheuehu,,,malah kalo aku pulang ke rumah, ga langsung pulang ke rumah bapak, tapi selalu kusempatkan nginep di rumahnya, malah ku merasa rumahnya lebih nyaman hehehe.
Kalo inget tingkahku dulu, hmm cuma bisa nyengir kuda, yaaa, ku mulai membiasakan diri hidup sendiri, walaupun kakak2ku tetap komitmen untuk menjagaku, tapi ku sadar mereka punya kehidupan masing2 yang harus di urus, aku ga mau menambah beban hidup mereka, tapi ku salut mereka masih bisa menyisakakn kasih sayangnya untukku,,,,(ratapan anak bungsu,,,hehehe )

Tuesday, October 13, 2009

this is my identity


pernahkah terdengar olehmu atas kisah ini?

sesiang itu, seluruh pemuda dikumpulkan. yang menikah, yang bujang. yang menduda. semua.


apatah rupanya?


di siang cerah itu, kala mentari tengah riang memancar sinar kasihnya ke penjuru bumi..
Ia, disana. seorang pemuda Quraisy berdiri. tegap badannya. hitam rambut. putih kulitnya.
matanya lekas menatap para pemuda yang bergegas. subhanallaah santun nian tunduk kepalanya. Ia menatap ramah. gigi nya pun menyembul bersama satu senyum terindah yang pernah disaksikan jagad.

Ia: Rasulullaah SAW


Apatah?


rupa-rupanya turun kembali cintaNya melalui wahyu yang diusung oleh Sang Malaikat Penjinjing perintah.
Satu perintah memesona yang rasa-rasanya sungguh tak shabar untuk segera ia sampaikan pada mereka, ummat yang sangat ia cintai bahkan melebihi dirinya sendiri..


Lihatlah.. dadanya turun naik. nafasnya sedikit terengah. biji matanya kian bergerak menatap para lelaki muslim yang jumlahnya makin membanyak. mengumpul.
Allah..., ini ummatku.. cintai mereka.. , mungkin begitu haru birunya menyaksi para insan imani itu dengan cepat berkumpul selekas wahyu memanggil.


seketika semua melengkap.

Di sanalah ia daraskan lantunan syurga itu. turun langsung dariNya. untuk ummat yang begitu dicintaiNya.., Al-Ahzab: 59

"Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mu'min, 'Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka '. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun, lagi Maha Penyayang..


Allahuakbar! serempak takbir pun terucap. barisan bercerai. bubar.

kemanakah gerangan para pemuda itu?
ternyata mereka pulang!

semua berlari. mereka yang sudah memiliki istri. mereka yang punya adik atau kakak perempuan. mereka yang masih dalam asuhan seorang Ibu. semua. semua yang masih memiliki perempuan dalam anggota keluarganya. Ya! semua pemuda itu berlari! b-e-r-l-a-r-i!

sesampai di rumah. selepas mengucap salam. Masih dengan peluh yang tersisa di dahi. juga nafas terengah yang belum berhenti.

"Turun kembali panggilan cintaNya, duhai perempuan-perempuan mu'minah.." , ucap mereka dalam satu tarikan nafas..

Masih dalam lelah. Masih cepat jantung memompa darah.
mereka ucap ulang frase syurgawi itu..

"Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mu'min, 'Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka'. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun, lagi Maha Penyayang..


AllahuAkbar! kali ini pekik takbir nyaring yang terdengar di seluruh penjuru Madinah. Mereka, perempuan-perempuan itu , serta merta menarik segala kain yang ada di dekat mereka! apa saja! Ada yang menarik gorden, melepas taplak, mengambil kain, apa.. apa saja, yang penting bisa menutup apa yang Allah inginkan untuk mereka tutup!

Mereka, perempuan-perempuan itu , tak perlu bertanya dahulu, apakah makna perintah Allah yang satu itu. Pun tak banyak menggugat, dengan mengaju pendapat bahwasanya Allah begitu diskriminatif. Mereka tak banyak bicara. bahkan bertanya pun tidak!

Karena yang terpatri di lubuk hanyalah, "Jika Allah berkata begitu, maka begitu..
dan yang mereka fahami hanyalah satu: Bahwa Allah, bersamaku..


Maka mentari yang bergegas menjemput senjanya di hari itu, menjadi saksi.
saksi atas perempuan-perempuan itu ,
perempuan-perempuan yang bergegas menarik segala kain terdekat untuk bersegera dalam memenuhi satu panggilan cintaNya..

dan perempuan-perempuan itu ,
Ah ya.. mereka melakukannya dengan tersenyum sembari bersenandung,:
Dan jilbab adalah perhiasan..., yang mahkotanya menjuntai hingga ke dada.."



**********************************************************************************



karena dengan jilbab, kau ajak sesama untuk semata menilaimu dari hati dan daya pikir, bukan dari indahnya rambut atau cantiknya kulit tubuh..

Karena dengan jilbab, kau yakinkan sesama bahwa kecintaan pada Yang Maha Mencinta mengalahkan kecintaanmu untuk menjadi dikagumi karena keindahan fisik semata

Karena dengan jilbab, kau teguhkan hati untuk meraih ridhaNya sekuat jiwa, meski dengan terbata mengeja kebaikan

Karena dengan jilbab, kau buktikan keberanianmu menunjukkan siapa dirimu sebenarnya, demi memenuhi satu jalan syukur pada Sang Maha Pemberi Segala

Karena dengan jilbab, kau nyaman mendekatiNya
Karena dengan jilbab, kau aman bersamaNya
Karena dengan jilbab, kau percaya, semua akan baik-baik saja..


___ note yang sangat indah, sehingga sayang untuk di baca sendirian,, di dapat dari note FB saudariku aan, syukron ukh dah berbagi__

Friday, October 9, 2009

INSHA ALLAH,,,Maher Zain

hmm seperti biasa, sohib gw yang satu itu datang tak dijemput pulang tak diantar (dah mirip jelangkung aja),, tiba2 muncul, then ngasih gw link ke youtube, ternyta disana ada video klip dengan nama artis yang cukup asing di telinga, pas di cek,, ih waw,, subhanallah, nasheed, dan lagunya bagus,, sangat menyentuh,, kurang lebih gini dah liriknya


Everytime you feel like you cannot go on
You feel so lost
That your so alone
All you is see is night
And darkness all around
You feel so helpless
You can`t see which way to go
Don`t despair and never loose hope
Cause Allah is always by your side

Insya Allah3x
Insya Allah you`ll find your way

Everytime you can make one more mistake
You feel you can`t repent
And that its way too late
Your`re so confused,wrong decisions you have made
Haunt your mind and your heart is full of shame


Don`t despair and never loose hope
Cause Allah is always by your side
Insya Allah3x
Insya Allah you`ll find your way
Insya Allah3x
Insya Allah you`ll find your way

Turn to Allah
He`s never far away
Put your trust in Him
Raise your hands and pray
OOO Ya Allah
Guide my steps don`t let me go astray
You`re the only one that showed me the way,
Showed me the way 2x
Insya Allah3x
Insya Allah we`ll find the way

judulnya insha Allah oleh maher zain

ga tau maksudnya apaan, mau berbagi lagu bagus kali ya,, so thanks bro,, lagunya inspiring, makasih dah ngasih tau,,,

Sunday, October 4, 2009

PERINGATAN!!!!

inalillahi,, sejak ramadhan lalu, kita diingatkan kembali tentang hakikat hidup kita. yah,, bencana itu terus berkelanjutan, ramadhan gempa mengguncang bagian selatan jawa barat. tak kurang dari 5 kabupaten terkena imbas akibat gempa 7,3 skala richter itu. seakan masih kurang teringatkan dan masih banyak manusia yang tidak menyadari, gempa terjadi lagi di padang dan sekitranya dengan getaran yang lebih besar besoknya gempa susulan terjadi di bengkulu. korban jiwa berjatuhan sampai hitungan seribuan, rumah luluh lantak, longsor menambah banyak korban jiwa. orang-orang mencoba menghubungkan waktu kejadian gempa ke dalam ayat ayat al-Quran dan apa yang terjadi, tiap waktu gempa yang terjadi terdapat pada ayat pembinasaan suatu bangsa yang durhaka,, astaghfirullah,, naudzubillah,, ya Rabb, bangsa saya kah itu?
gempa pertama jam 15.04
surat Al Hijr - ayat 4
"Dan Kami tidak membinasakan suatau negeri, melainkan sudah ada ketentuan yang ditetapkan baginya.""

gempa kedua jam 17.16
surat al-isra (17): 16
"Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, maka Kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (supaya menta'ati Allah) tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu, maka sudah sepantasnya berlaku terhadapnya perkataan (ketentuan Kami), kemudian Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya"

gempa ke tiga jam 17. 58
surat ai-isra (17): 58
"Tak ada suatu negeripun (yang durhaka penduduknya), melainkan Kami
membinasakannya sebelum hari kiamat atau Kami azab (penduduknya) dengan
azab yang sangat keras. Yang demikian itu telah tertulis di dalam kitab
(Lauh Mahfuzh)"

Gempa ke 4 jam 8.52
Al Anfal - ayat 52
"(Keadaan mereka) serupa dengan keadaan pengikut Fir'aun dan orang-orang yang sebelum mereka. Mereka mengingkari ayat-ayat Allah, maka Allah menyiksa mereka disebabkan dosa-dosanya. Sungguh, Allah Mahakuat lagi sangat keras siksa-Nya"

begitu ngeri rasa ini, merinding, takut, benarkah ini ya Rabb? benarkah ini maksud dari semua bencana yang Kau berikan pada kami?
astaghfirullah,,, astaghfirullah,, astahgfirullah,,,

aroma kematian menjdi terasa sangat dekat, takut hamba ini mati dalam keadaan lengah, takut mati dalam keadaan su'ul khotimah, takut ketika di alam kubur nanti aku tidak menikmatinya, malah mendapat siksaan, takut ketika melewati "jembatan itu" aku terjatuh, terperosok keneraka sebelum aku smpai ke surgaMu, mengingat amalan apa yang sudah hamba lakukan untuk terhindar dari semua ketakutan itu,,,

Friday, September 11, 2009

reflection

astagfirullah,,,

ya Rabb,
ku tahu Kau menyaayangiku,,
ku tahu Kau selalu memberi yang ku butuhkan,,
ku tahu Kau coba ingtakanku bahwa selalu ada Engkau disisiku
ku tahu itu semua,,,

tapi sekarang aku tak tahu kenapa aku selalu jadi begini
tak berdaya, padahal Kau adalah sumber dari segala energi,,,
tak ada yang dilakukan , padahal setiap waktu yang berlalu tak akan pernah kembali,,,
tak ada semangat, padahal telah ku azzamkan bahwa semua yang ku lakukan hanya KarenaMu,,,


niat ku kah yang hanya hiasan di mulut saja?
hati inikah yang telah sakit? ato hampir mati?

wahai Sang Penyembuh jiwa, ku mohonkan sentuhan kesembuhan dariMU,,,
kuatkan jiwaku, bersihkan hatiku, maafkan segala dosa-dosaku,,,
tetapkanlah imanku, dan matikan aku dalam syahid menggapai surgaMu,,,

Wednesday, September 9, 2009

kesendirian..



Dalam kesendirian, kita bisa menangis sejadi-jadi atau bernyanyi menghibur diri,
tapi kita harus tetap berjalan…
Dalam kesendirian, kita bisa teriak sekencang kencang atau diam sedalam-dalam,
tapi kita harus terus beranjak…
Dalam kesendirian, kita bisa memaki sepuas-puas atau berdo’a sekhusyuk khusyuk,
tapi jangan pernah memasung langkah..
Kita boleh terlambat kawan, tapi jangan sampai jadi pecundang yang kembali pulang tanpa berjuang...
(kreativitas tanpa batas di hilmasol.multiply.com)


hmm yups jangan sampai aku jadi pecundang sejati, mengatasnamakan kesalahan dari luar sebagai pembenaran atas keputusasaan yang dilakukan untuk berhenti berjuang, tatap berjuang sampai titik paling akhir,,,
usaha yang optimal, hasilnya biarlah yang MAHA PENGATUR yang menentukan, DIAlah yang tau segalanya, yang terbaik buat kita....

Monday, August 24, 2009

distillasi kehidupan,,,



bismillah,,,
hmmm berbicara tetang pemisahan atau pemurnian kita akan sering mendengar kata distillasi,, apakah itu?
distilasi adalah salah satu metode pemurnian berdasarkan perbedaan titik didih,, caranya dengan memanaskan larutan yang akan kita murnikan dalam suatu sistem tertutup dimana senyawa yang memiliki titik didih yang lebih kecil (kesetimbangan antara fasa uap dan cairnya tercapai lebih cepat) akan menguap terlebih dahulu dan akan menngalir keatas masuk ke kondensor, kondensor itu adalah suatu saluran yang dibagian luarnya dialirkan air dingin yang fungsinya merubah fasa uap dari senyawa yang dipisahkan menjadi fasa cair (proses kondensasi) sampai akhirnya uap berubah kembali jadi cair dan mengalir ke panampungan pemisahan,,,
Larutan yang lebih dulu mengalami kesetimbangan (cair-uap), akan terpisah (naik) lebih dulu, proses itu terjadi berkali-kali. senyawa yang berhasil (setimbang) lagi, akan naik ke plat berikutnya, sedangkan yang tidak mencapai kesetimbangan, akan turun kembali. sampai akhirnya senyawa itu lolos (masuk ke kondensor), dan dihasilkan senyawa yang lebih murni...
menganalogikan proses pemurnian ini pada kehidupan kita, jadi teringat firman Allah,,,
"Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan : "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi?" (Al ‘Ankabuut Ayat 2)
ya,, mungkin ini hikmah dari psroses distillasi yang bisa kita ambil,, seseorang akan menjadi murni kembali,, iman mereka akan di uji dengan berbagai ujian yang Allah timpakan melalui plat-plat ujiannya yang akan meningkatkan derajat kemurnian seseorang jika dia bisa memaluinya,, sedangkan orang-orang yang tak bisa bertahan dan menyerah akan kembali ke plat yang mungkin jauh lebih rendah dari sebelumnya,,,

hmmm sekarang masih bulan ramadhan,, ini bisa jadi bulan ujian bagi kita,, bulan dimana Allah akan memurnikan hamba2nya melalui plat2 ujiannya, dan hanya orang-orang yang bertahanlah yang akan murni kembali di hari nanfitri nanti,,
hayuu kawan, sahabat, saudara-saudaraku,, tetap semangat mengahdapi setiap ujianNYA,, tetaplah berprasangka baik terhadap Allah,,, dibalik setiap ujiaNYa tersimpan bentuk kasih sayangnya yang akan membuat kita menjadi sesosok manusia yang diinginkanNYa,,,

terinspirasi oleh note sahabtaku asna,,,
thaks sist dah berbagi hikmah ini,, ^_^v

Friday, August 21, 2009

sucikan hati sambut ramadhan


whoaaaa DIA semakin dekat,, tinggal beberapa jam lagi akan segera tiba,,, makin degdeg serr hati ini rasanya,,,
ada hal penting yang harus dilakukan sebelum RAmadhan datang,, yaitu bersihkan hati,, sucikan jiwa dari segala kekotorannya dan dosa,,,
suatu riwayat mengisahkan,,,

Do'a malaikat Jibril menjelang Ramadhan " "Ya Allah tolong abaikan puasa
umat Muhammad, apabila sebelum memasuki bulan Ramadhan dia tidak melakukan
hal-hal yang berikut:

* Tidak memohon maaf terlebih dahulu kepada kedua orang tuanya (jika masih ada)
* Tidak berma'afan terlebih dahulu antara suami isteri
* Tidak bermaafan terlebih dahulu dengan orang-orang sekitarnya.

Maka Rasulullah pun mengatakan Amin sebanyak 3 kali. Dapatkah kita
bayangkan, yang berdo'a adalah Malaikat dan yang meng-aminkan adalah
Rasullullah dan para sahabat, dan dilakukan pada hari Jumaat.

jadi bagi siapapun yang baca blog ini,,, maafin aku yaah,,
maaf atas segala khilaf yang disengaja maupun tidak,, barangkali ada salah ucap,, salah ketik,, sehingga menyinggung perasaan,,
ayoooo semangat,, RAmadhan is coming,, dapatkan segala keistimewaannya,,,!

Wednesday, August 5, 2009

sebentar lagi "dia" kan datang,,,



subhanallah,,ketika kutulis ceritaku hari ini kalender di blog ini menunjukan angka 15 sya'ban,,, itu tandanya dia akan segera datang,,, dia siapa?
tentu saja Ramadhan tercinta,,
bulan yang paling di nanti setiap umat muslim di dunia,, betapa tidak? hanya dibulan ini keistimewaan-keistimewaan bisa diperoleh setiap detiknya,,, pantas saja Rosul mewasiatkan kepada kita agar selalu mempersiapkan diri menghadapinya,, bahkan dari jauh-jauh hari,,,
eits,, ada yang merasa belum?,, hmmmm tak ada kata terlambat untuk memulai,,, hayuks kita siapkan,,, apa aja ya kira2 wasiat Rosul dalam mempersiapkan bulan ramadhan,,?
-> menyambut dengan gembira kedatangannya
"Katakanlah (wahai Muhammad ShalALLAHu`alaihiwasalam) dengan datangnya Anugerah ALLAH dan Rahmat-NYA, Maka dengan itu hendaknya mereka bergembira."
(Yunus ayat 58)
->Menjaga diri dan berhati-hati dari hal-hal yang membuat kita terhalangi dan terusir dari kemuliaan Ramadhan,seperti menjaga lidah kita dari ucapan buruk, menjaga pandangan dari hal yang diharamkan, memutuskan silaturahim, de es be,,
"Barangsiapa yang berpuasa ramadhan dengan menjaganya dengan segenap kemampuannya, maka diampunilah seluruh dosanya yang telah lalu."
(Hadiths riwayat Bukhari dan Muslim)
-> dan bersungguh-sungguh dalam menghadapi hujan anugerah di bulan mulia ini, dan bersungguh-sungguh mendapatkan anugerah berlipat gandanya berbagai pahala dan di bentangkannya kesempatan untuk meraih derajat yang agung. Telah bersabda RasuluLlah ShalALLAHu`alaihiwasalam :

"Sesungguhnya ALLAH telah mewajibkan bagi kalian berpuasa di siang harinya dan telah pulah mensunnahkan bagi kalian mendirikan shalat sunnah di malam harinya (tarawih), barangsiapa yang melakukan keduanya dengan keimanan dan kesungguhan, maka ia akan lepas dari seluruh dosanya sebagaimana saat ia baru dilahirkan oleh ibunya."
(Hadiths riwayat Imam Nasa`i)
hmm kalo ini sekedar tambahan
# persiapan fisik,,, mulai tingkatkan stamina, jaga tubuh kita supaya nanti pas ramabhan tetap fit sampai hari terakhir n bisa itikaf di sepuluh hari terakhir secara penuh (how how how,, ada malam lailatur qadar disana) mau?

# hmmm oh iya persiapan finansial juga penting,,, karena Rasul senantiasa memfokuskan diri pada urusan ibadahnya di bulan ini dan apalagi di 10 hari terakhir so,, untuk memenuhi kebutuhan selama itu perlu money yang cukup,, biar nanti pas ibadah di bulan ramadhan ga terganggu pikirann tentang duniawi,, oh iya moneynya juga disiapkan untuk selalu bersedekah n bayar zakat fitrah tentunya,,,,

#juga jangan lupa siapkan targetan amalam ibadah kita yang harus dicapai di bulan ini,, ini penting supaya ada pemicu untuk kita agar selalu menjaga ibadah kita,, biasanya targetan umum berupa, khatam baca al-Quran xxx kali, tidak absen tarawih,, nambah hafalan berapa juz, de el el,, tergantung kemampuan kita,,,
yuuuks mulai,,, beres-beres,, bebenah diri tuk menyambut ramadhan tercinta ini,,
hamasah!!!! \(^o^)/

sumber: kebanyakan di ringkas dari bloge prims of though,, he,, izin yooo

Friday, July 24, 2009

bukan karena yang lain,,,

beberapa waktu ini waktu kulewati denga sedikit arti,,
tak tahu kenapa..
banyak hal yang ga beres terjadi,, targetan pun kacaw,, kelulusan agustus kelewat,,
ku rasa ada yang salah denga diri ini,,, kenapa aku ga bisa keluar dari situasi seperti ini,,
aku rindu diriku yang dulu,, aku rindu semangat itu,,,
keadaan semakin kacau,, ketika ku coba meraih semangat itu,, ku titi langkah ini kembali,,
kumulai lagi aktivitasku yang telah lama ku tinggalkan ( dg alasan liburan padahal non sense)
tapi lagi2 kuhadapi kegagalan,,, hasilnya makin aneh,, tiap ku coba sinyal-sinyal yang tak diharapkan malah muncul lagi,, dan lagi,, huaaaaa aku hampir menyerah,,,
aku tahu ada yang salah dengan hati ini,, tapi aku masih bingung,, kenapa????
sampai suatu saat,, aku dapati tetehkuw tercinta mengirim sebuah note dari facebooknya,,,
Lakukan karena Allah..

Bukan… karena kita takut murkaNya
Bukan (hanya) karena kita tak ingin berpisah dari kaumNya
Bukan (hanya) karena kita takut sendiri tanpa jama’ah
Bukan (hanya) karena kita ingin mendapat bidadari syurga
Bukan (hanya) karena kita tak sanggup di nerakaNya
Bukan (hanya) karena kita tak ingin tertinggal dalam perjuangan di dunia
Bukan (hanya) karena kita ingin menyandang gelar Syuhada
Lakukan karena, dan hanya untuk Allah..

Bukan karena kita malu bila dianggap pasivis
Bukan karena sebagai pengisi waktu luang
Bukan karena tak ingin dianggap Islam KTP
Bukan karena kita ingin mendapat suami atau istri yang shalih
Bukan karena sekedar tak ingin futur
Bukan karena malu tak jua menyandang gelar sarjana
Tapi….

Lakukanlah semata-mata karena Allah
Maka semua keinginan, harapan dan anugrah tersebut akan serta merta menjadi turunannya…

Lakukan bukan karena yang lain… ^_^

Sesungguhnya segala amal tergantung dari niatnya…
"Tidak Aku ciptakan jin dan manusia kecuali beribadah (mengesakan ibadahnya) kepada-Ku.."
_Adz Dzariat:56_

____ yaps kurasa disini letak kesalahanku,,, penyebab kekaacawanku,, aku lupa tujuan awalku,,, aku lupa untuk apa aku ada disini,, aku lupa menanamkan niat dalam diri bahwa segala yang ku lakukan hanya karenaNYa,,, pantaslah,, hati ini terasa kering,, karena segala kehilafanku,,,____
YA RABBI AMPUNI DIRI INI,,,

Monday, June 8, 2009

nikah yuuuuk


pfiuuh akhir nya tema ini di angkat juga di blog ku ini, hahaha rada sungkan emang tadinya mau bahas ini, tapi setelah ku mengenal satu bloge seorang ikhwan yang konsern bgt dengan masalah ini (padahal ga kenal siapa) ya isinya subhanallah emang bikin semangat,,
hayoo apa ya,, yups,, tentang satu kata luar biasa, satu kata yang nilainya sebanding dengan setengah agama,, eng,,ing,, eng,,,, apa lagi coba, tiada lain dan tiada bukan adalah NIKAH,,,

jadi inget satu sesi pekuliahan, waktu itu lagi kuliah kimia organik, dosenku ngebahas tentang elektron, hmm kalo di perhatiin setip unsur berpasangan membentuk senyawa dan mereka ntu dihubungkannya melalui ikatan antara elektron yang mereka miliki, ada yang namanya ikatan ionik, jadi unsur dengan elektron yang kelebihan di sumbangin ke unsur yang kekurangan elektron, ato ada juga yang namanya ikatan kovalen, elektron yang mereka punya di pake bersamaan,,
btw emang ngapain sih itu unsur dan elektron nya itu musti tuker2an ato pake barengan, ya tiada lain untuk mencapai suatu keseimbangan,kestabilan, nah dosenku menganalogikan elektron itu sama hal nya dengan manusia,, setiap dari kita punya elektron sunyi yang harus segera di stabilkan, ya elektron yang dipunyai oleh setiap jiwa2 manusia yang masih sendirian ( single-jomblo.red),, untuk mencapai kestabilan ya harus cari pasangan elektron sunyi lainnya alias menikah,, dan emang katanya orang yang sudah menikah itu cenderung lebih stabil orangnya,,, ( iya ga yaaa)

Topik tentang ini kerap menjadi perhatian khusus, ya seumuran kita2 ini lah ya (kalo yg baca seumuran aku maksudnya ;P) coba aja pas di tengah2 kuliah yang hampir setengahnya orang menahan kantuk, dan setengahnya lagi ga tau pada kemana otaknya,, pas dosen bilang kata nikah,, tiba2 kelas hening dan perhatian tertuju kedepanb,, ( wah,, wah,, wah,, ). satu lagi, saya coba perhatikan blog ikhwan itu,, temanya aja AYO MENIKAH, isinya semuaaaaa hal tentang nikah, dan postingannya banyak bangt, tapi orang2 tak bosan2nya baca, terbukti tiap beliau posting sesuatu, komen2 yang muncul bejibun, itu dari yang ngasih komen, belum lagi pembaca yang numpang baca ga ikut nimbrung,, ( kaya aku gitu,, hehhe) niscaya kalo di samain ama tipi, rating blog itu tinggi bgt dah.

kenapa kaya gitu,, ya emang begitu,, ( ish apa ya)
mungkin saking dahsyatnya efek nikah itu kali ya,,,
jadi inget saking urgent nya nikah, Rosul sampai menghinakan orang yang membujang ( yang sengaja ga nikah maksudnya).
dari kata itu kita mulai suatu babak kehidupan baru, mulai menata keluarga baru, menghasilkan keturunan baru, bakal2 penerus alias generasi bangsa,,, gimana ga penting ya ga,,, dari nikah ini bisa menentukan bagaimana nasib bangsa kedepan, dri kata ini bisa menetukan seperti apa generasi2 baru yang akan menciptakan peradaban dunia ini,, hohoho berat yaaa tapi katanya nikmat,, itulah MAHA baiknya ALLAH,,,

Dengan menikah bisamerubah seseorang menjadi lebih semangat, semangat mencari nafkah, karena ada yang memanti di rumah, semangat belajar,, karena ada anak2 yang siap bertanya ini dan itu, dan semangat2 lainnya, mungkin ini yang di maksud dosenku menuju kestabilan,,, hmmmmmmm sekarang pertanyaannya adalah,,,

KAPAN NIKAH?

buat sobat-sobat yang ngerasa udah mampu tapi belum merasa siap boleh tuh di buka blognya ayo menikah,, subhanallah isinya bikin orang semangat untuk menyegerakan,,, (iklan gretonga neeh ^^)

yuks ah semangat, semangat untuk segera menuju kesana, tentu dengan semngt mencari ilmunya, semangat meluruskan niatnya, dan semangat yang lain2nya biar nilai setengah diennya diperoleh,,,

Tuesday, June 2, 2009

Ikan Laron dan Semut



Aku senang, aku senang
Tapi bingung, aku bingung
Aku senang, aku senang
Tapi heran, aku heran..

Dan akupun bertanya..
Pada semua ikan di kolam
Tiadakah kau bosan, disitu...
Dan diapun menjawab,tiada bosan
Walau berada di tempat sekecil ini
Karena ku di sini, setiap hari, bersama Tuhanku

Dan akupun bertanya..
Pada laron-laron berterbangan
Kenapa kau hidup semalam...
Dan Iapun menjawab,Tiada tersiap..
Walau hanya semalam aku hidup di dunia
Karna dalam semalam..
aku hidup, Ku sebut Tuhanku...
back to *)

Dan akupun bertanya..
Pada semut-semut di sarangnya..
Tidakkah kau merasa lelah bekerja...
Dan Dia pun menjawab, Tiada lelah..
Walau sepanjang hidup aku terus bekerja,
Karna setiap saat dalam bekerja, bersama Tuhanku..

Dan ikanpun menjawab,tiada bosan
Walau berada di tempat sekecil ini
Karena ku di sini, setiap hari, bersama Tuhanku

Dan laronpun menjawab,Tiada tersiap..
Walau hanya semalam aku hidup di dunia
Karna dalam semalam,aku hidup, Ku sebut Tuhanku...

Dan semutpun menjawab, Tiada lelah..
Walau sepanjang hidup aku terus bekerja,
Karna setiap saat, dalam bekerja, bersama Tuhanku..

Dan aku bertanya, pada jiwaku
Sejauh apa...hidup tanpa Tuhanmu
Dan aku bertanya, pada hatiku
Sedalam (selama) apa...hidup tanpa Tuhanmu
Dan aku bertanya, pada diriku
Sekeras apa... kerja tanpa Tuhanmu (3x)

(Ikan, Laron dan Semut –by: FATIH)

dah hidup di dunia ini selama 22 tahun, dan selama waktu itu sudah berapa banyakkah aku menyertakan Allah dalam hidupku ini, malu banget aku kalah sama laron-ikan dan semut,hiks,,hiks,,,hiks,,,,
YA RAbb,,, maafkan aku,,,

Tuesday, May 26, 2009

nasihat dari seorang sahabat

hari kemarin kuawali dengan semangat,,, semangat 45 untuk penelitian,, sampai di lab,, data yang sngat kubutuhkan untuk melanjutkan prosedur selanjutnya tak bisa kulihat karena flashdish yang sepertinya terkena virus,,,, hampir menyerah,, kukuatkan,, kuteruskan tekad diri hari ini pulang bawa sesuatu,, akhirnya kuputuskan untuk mengulang prosedur kemarin,, untuk mendapatkan data yang hilang itu,,, tiba-tiba alatnya kembali error lagi,, sinyal-sinyal tak diharapkan selalu muncul ketika pengukuran,, sabar kumenanti alatnya bekerja kembali normal,,, sampai akhirnya aku menyerah,,, rasa putus asa kembali menyergap,,, mengingat jadwal sidang gelombang ini kian dekat, harus secepat kilat menyelesaikan ini jika ingin menyandang gelar sarjana agustus ini,,,
disaat-saat rasa ini kian mnguasai diri,, seorang sahabat mengirimkan nasihatnya,, nasihat yang cukup membuat semangatku tumbuh lagi

'Ketika wajah ini penat memikirkan dunia, maka berwudhulah, ketika tangan ini letih menggapai cita-cita, maka bertakbirlah, ketika pundak tak kuasa memikul amanah, maka bersujudlah, ikhlaskan semua dan mendekatlah padaNya. agar tunduk disaat yang lain angkuh. agar teguh disaat yang lainruntuh, agar tegar disaat yang lain terlempar'

makasih sist,,, ini sangat berarti bagiku,,, Allah bersama kita.
ayo nerisu keep HAMASAH,,,,!

Saturday, May 23, 2009

bagaimanakah akhir hidup kita?




subhanallah perjalanan takziah kemaren ke tempat teh ika mengingatkan kembali bahwa hidup kita ada akhirnya,,, ada batasnnya,,,
ada orang bijak yang mengatakan, hakekatnya kematian itu adalah nasehat dan guru paling baik dalam hidup kita. Sedikit saja kita lengah dari kematian, maka kita telah menghilangkan guru dan nasehat terbaik bagi kehidupan kita.

kenapa bisa jadi nasehat?
ketika kita melihat orang mati itu biasanya menyadarkan kita. Ini hari kita mengantar orang, suatu hari nanti kita yang di antar. Ini hari kita menyolati orang, besoook kita yang disolati. Ini hari dia mati, mungkin besok kita yang mati.
dan hari ini jadi terfikir bagaimana kah akhir hidup kita nanti?
apakah ada orang yang menangisi?
apakah ada orang yang melayat?
apakah ada orang yang mengantarkan pemakaman kita?
apakah banyak yang mendoakan kita?
apakah ,apakah,apakah?

dan akhir dari hidup kita menggambarkan bagaimana kita menghabiskan waktu selama kita hidup, bagaimana kita berakhlak, bagaimana kita beramal...

semoga kita termasuk orang-orang yang mengalami akhir yang terbaik,,,amin.

Thursday, May 21, 2009

waaah, sidang gelombang ini kian dekat,,,!




huhuhuhuhuhu,,,
hikshikshiks,,,
ayo,,, kawan semangat,, ga boleh menyerah,,,
sampai detik terakhir,,,

Wednesday, May 20, 2009

usah kau lara sendiri




KULIHAT MENDUNG MENGHALANGI PANCARAN WAJAHMU,,,
TAK TERBIASA KUDAPATI TERDIAM MENDURA
APA GERANGAN BERGEMURUH DIRUANG BENAKMU
SEKILAS GALAU MATA INGIN BERBAGI CERITA
KUDATANG SAHABAT BAGI JIWA
SAAT BATIN MERINTIH
USAH KAU LARA SENDIRI,,,MASIH ADA ASA TERSISA

LETAKKAN LAH TANGANMU DIATAS BAHUKU
BIAR TERBAGI BEBAN ITU KAN TEGAR DIRIMU
DI DEPAN SANA CAHAYA KECIL TUK MEMANDU
TAK HILANG ARAH KITA BERJALAN MENGHADAPINYA,,,

SEKALI SEMPAT KAU MENGELUH KUATKAH BERTAHAN
SATU PERSATU JALINAN KAWAN BERANJAK MENJAUH
KUDATANG SAHABAT BAGI JIWA
SAAT BATIN MERINTIH
USAH KAU LARA SENDIRI MASIH ADA ASA TERSISA
(katon bagaskara-ruth sahanaya)

'kuingin sahabat itu'

Monday, May 18, 2009

LABORATORIUM KEHIDUPAN

“Dan kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya tanpa hikmah,,”

(Q,S Shaad:27)

Apa yang terpikir saat kamu mendengar kata intan?

Intan sering dijadikan symbol keindahan, dan memang indah, banyak digunakan sebagai perhiasan. Tak hanya itu intan juga biasa dijadikan mata bor pemotong baja dan logam-logam kuat lainnya, karena sifatnya yang sangat kuat.

Tahukah kamu bahwa intan memiliki unsur penyusun yang sama dengan grafit yang kita kenal sebagai arang? Keduanya tersusun atas unsur yang benar-benar sama yaitu karbon.

Lalu apa yang terjadi dengan intan? Kenapa intan dan arang memiliki 2 sifat yang jauh berbeda? Padahal keduanya tersusun dari hal yang sama.

Yang membedakan intan dan arang adalah ikatan karbonnya. Dan yang membedakan ikatan ini adalah ‘perlakuan’ terhadap keduanya. Untuk mendapatkan susunan yang rapih dan kokoh seperti intan, perlu ditempa dengan suhu dan tekanan yang sangat tinggi (20000 C n 5000 atm), dan kondisi seperti ini sangan sulit diperoleh,, hal inilah yang menyebabkan intan menjadi sangat langka dan jauh lebih tinggi nilainya dibandingkan arang, yang bisa kita dapatkan dengan mudahnya.

ada hal menarik lain lagi,,,

pernah makan es lilin? Pernah memperhatikan es yang digunakan abang tukang es yang digunakan untuk membekukan es lilinya? Apa abangnya bawa2 freezer ato alat pendingin lain yang sudah modern buat bikin es? Ternyata tidak. Abang tukang es menggunakan garam dapur yang dicampurkan kedalam es yang di pake buat ngebekuin es lilin yang dibuatnya… dengan penambahan garam dapur itu membuat es menjadi lebih tahan alias lebih lama melelehnya,, tau kenapa? Penambahan garam menyebabkan titik leleh es menjadi turun dibawah titik leleh normalnya, hal inilah yang menyebabkan es jadi lebih sulit meleleh. Pada titik ini akan terbentuk kisi2 kristal es yang lebih kuat.

Sahabat sekalian,,,Allah mengajarkan kepada kita lewat fenomena-fenomena alam tersebut. Ketika kita di beri’garam’ ujian oleh Allah, yang membuat kita lelah,, terhimpit,,,merana. Padahal sempat terfikirkah bahwa ujian ini Allah berikan karena Allah ingin membentuk kita menjadi hambaNYa yang lebih baik,, lebih kuat, lebih indah,, sama seperti intan, yang baru bisa terlihat indah dan berharga setelah mendapat terpaan, panas ,dan tekanan yang begitu dahsyat. Terkadang kita tidak mau bersabar,, kita tidak mau menikmati masa2 ujian itu, seringkali kita malah meninggalkan begitu saja permasalahan kita, kewajiban kita, dan berpaling, mencari hal lain yang membuat kita nyaman. Padahal ketidaknyamana itulah yang akan membuat diri kita lebih berkualitas.

Seperti halnya intan dan grafit,,, kualitas manusia pun bisa berbeda-beda. Allah telah memberikan kita modal dasar yang sama yaitu jasad, ruh dan akal, Ia juga memberikan bahan mentah yang sama yaitu wakktu 24 jam,,, lalu mengapa hasilnya berbeda-beda? Kembali pada ‘perlakuan’… bagaimana kita mengolah modal dasar dan bahan mentah kita, apakah kita menghendaki diri kita sekualitas intan atau arang?


Wednesday, May 13, 2009

new commer Blogger

wah, akhirnya bikin blog juga,,, awalnya udah lupa pernah bikin account di blogspot,, ternyata eh ternyata ada, pas ada temen yang minta di komment blognya,,, baru deh ketauan,,, (dasar ya,,), thanks bro,,,. masih pusing nih pake blogspot,, , moga bisa cepet adaptasi,,, n bersama2 menemukan inovasi baru,,, apapun itu, hal kecil pun kalo digali bisa dahsyat hasilnya,, amin,,