Monday, December 24, 2012

banjir datang karena sembarangan

desember ini hujan mengguyur bandung dan kota-kota lainnya hampir tiap hari, ya memang ini bulannya musim hujan jadi ya rutinnya begitu,,
musim hujan di negeri kita tercinta ini, tandanya siap-siap mendapati "kolam-kolam" terbentuk di jalan raya, jalan tol, rumah, dan mobil-mobil pada "ngantri", maksudnya banjir dan kemacetan mestilah terjadi.

dan dengan kondisi demikian,,, tak jarang kita saksikan orang-orang berkeluh kesah, tentang hujan. Kenapa hujan yang disalahkan? padahal Allah menurunkan hujan sebagai bentuk kasih sayangNya, rezeki Nya.

Ketika hujan turun dengan derasnya, dan terjadi banjir salah siapa?
Ketika macet terjadi di mana-mana salah siapa?

Ketika setiap hari tanpa ragu kita buang bungkus bekas makanan kita ke jalan raya, ke selokan, ke manapun dengan sebarangan, setiap hari setiap kita buang sampah, sampai akhirnya kota tercinta kita ini tanpa sadar menimbun sampah-sampahnya diseluruh penjuru, di gorong-gorong penyerapan air, di selokan, di sungai, dan ketika hujan tiba, banjir melanda, dengan mudahnya kita mengeluh " aaah hujan.. banjir deh"

Tak jarang dengan mudahnya kita juga salahkan aparat pemerintahan kita yang katanya gak bener urusin kota,, seiring dg itu diri ini terus buang sampah di sembarangan tempat.

pelis deh,,, ini kota kita yang tinggali, kita yang tumpangi, kenapa tak kau jaga juga wahai manusiaaaa!

mari mulai dari sekarang, cintai kota ini, cintai negeri ini, mungkin kita tak memiliki kemampuan mumpuni  bidang fisika sehingga menang olimpiade dan mengharumkan nama bangsa, atau juga kita bukan tokoh perdamaian dunia yang mampu meredam konflik berkepanjangan,,, tapi kita bisa jadi penduduk yang cinta kebersihan dan menahan diri tak buang sampah sembarangan sehingga ketika musim hujan tiba, kita bisa menyambutnya dengan suka cita.

 Simpan sampah-sampah yang anda hasilkan sampai menemukan tempat pembuangan yang tepat, kalo perlu sediakan tempat di tas anda unutk mengumpulkan sampah2 yang anda hasilkan, Insya Allah itu juga sudah menjadi suatu nilai kebaikan,,, ^^

No comments:

Post a Comment